Article

Bank Indonesia Turunkan BI Rate Jadi 4,50%

Dalam Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia pada 21-22 Agustus kemarin disepakati bahwa suku bunga acuan BI Rate diturunkan 25 bps dari 4,75% menjadi 4,50%. Penurunan itu juga diikuti pemangkasan suku bunga Deposit Facility dengan besaran sama, 25 bps, menjadi 3,75% dan Lending Facility turun 25 bps menjadi 5,25%. Penurunan itu berlaku efektif hari ini.

 

  • Text: PanangianNews.com ● Foto-Foto: Istimewa

 

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Agusman menjelaskan bahwa penurunan suku bunga acuan itu akan diikuti penurunan suku bunga instrumen moneter lainnya. “Kebijakan ini konsisten dengan adanya ruang pelonggaran kebijakan moneter dengan rendahnya realisasi dan prakiraan inflasi 2017 dan 2018 di dalam kisaran yang ditetapkan serta terkendalinya defisit transaksi dalam batas yang aman,” ungkap Agusman dalam siaran persnya.

Risiko eksternal terkait rencana kenaikan Fed Funds Rate (FFR) dan normalisasi neraca bank sentral Amerika Serikat mereda sehingga perbedaan suku bunga dalam dan luar negeri Indonesia tetap menarik.

Penurunan suku bunga kebijakan diharapkan dapat memperkuat intermediasi perbankan sehingga memperkokoh stabilitas sistem keuangan serta mendukung pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran guna menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Bank Indonesia juga akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas lainnya untuk memastikan pengendalian inflasi, penguatan stimulus pertumbuhan, dan reformasi struktural berjalan dengan baik sehingga mampu menopang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

128 views
Ads

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *